Rabu, 01 Desember 2010

SUCCESS AS PERSONALITY SALES

Tips Sukses Menjadi Sales

Tak semua dari kita memiliki kesenangan berkubang di balik meja kantor. Bagi mereka yang senang bersaing, bekerja di lapangan, dan berhubungan dengan banyak orang, maka pekerjaan macam sales kerap jadi pilihan. Berikut ada beberapa tips bagi Anda jika ingin menjadi sales yang berhasil.


Penampilan


Hal yang cukup membantu dan sebaiknya benar-benar diperhatikan adalah bagaimana Anda berpenampilan. Berpakaianlah selayaknya pekerja profesional. Jika perusahaan tempat Anda bekerja menyediakan seragam, maka kenakan itu. Pastikan bahwa pakaian Anda selalu dalam keadaan bersih dan rapi saat mengejar klien.


Namun, jika tidak ada seragam, maka kenakan pakaian dengan corak yang netral, misalnya abu-abu atau biru tua. Jangan memakai topi atau kacamata hitam. Biarkan klien melihat wajah Anda dengan bebas. Sematkan tanda pengenal di tempat yang mudah dibaca. Cantumkan nama Anda dan nama perusahaan tempat Anda bekerja.


Hal terakhir yang tak kalah pentingnya adalah tersenyumlah pada klien yang Anda jumpai. Untuk bersalaman, Anda tidak perlu melakukannya pada awal pertemuan. Setelah membangun komunikasi hangat, maka untuk menegaskan perkenalan, Anda baru boleh melakukan hal tersebut.


Pendekatan


Sebagai seorang sales, Anda disarankan mengetok pintu dengan keras jika Anda berkunjung dari rumah ke rumah. Hal ini dengan maksud agar penghuni rumah mendengar kedatangan Anda. Jadi, Anda tidak perlu menggedor pintu berulang-ulang. Hal ini hanya akan membuat pemilik rumah jengkel dan enggan untuk menerima keberadaan Anda.


Demikian halnya dengan bel rumah, cukup pencet sekali dan tunggulah hingga pintu dibukakan bagi Anda. Hindari juga melongok ke dalam rumah melalui kisi-kisi jendela. Pastikan bahwa Anda berada di sana, murni untuk urusan bisnis, bukan untuk mengamati rumah klien, atau mengambilkan surat-surat mereka yang ada di kotak pos. Beberapa orang bisa berpikir bahwa Anda terlalu lancang bila melakukan hal itu.


Saat pintu rumah terbuka, jangan buru-buru membuka 'lapak dagang' Anda. Jalin kontak pribadi dengan pemilik rumah, misalnya dengan membicarakan tentang rumahnya yang tampak indah dari depan, atau tentang koleksi tanaman yang ia miliki di taman depan rumah. Hindari pertanyaan yang memicu jawaban "ya" atau "tidak" dari pemilik rumah.


Jika pemilik rumah mencium keramahan dan kepedulian Anda lewat pertemuan yang hangat, maka besar kemungkinan pemilik rumah bersedia mendengarkan tawaran Anda berikutnya. 



Menjadi Pribadi Sukses

Sebagai seorang yang ingin maju, anda tentu banyak mengikuti seminar maupun berusaha belajar berbagai teknIK                                                                                             untuk meningkatkan penjualan anda.
Ada beberapa metode penting yang harus anda ingat apabila anda ingin meningkatkan penjualan anda.
1. Anda tidak boleh takut menjadi sukses.
Untuk menjadi seorang sales yang baik anda harus dapat meyakinkan diri anda bahwa anda pantas menjadi sukses. Anda harus membentuk karakter dan pola piker anda untuk dapat melakukan tugas dan tindakan apapun yang dibutuhkan menjadi sukses.
William James seorang Profesor di Harvard menyebutkan bahwa formula atau rumus untuk mencapai sesuatu adalah dengan mengkondisikan pikiran bawah sadar kita dengan kondisi seperti apa yang ingin kita capai (‘act as if”) Jika anda ingin sukses anda harus melakukan hal hal yang seolah olah anda telah mencapai kesuksesan tersebut.
Jika anda selama ini belum merupakan tenaga penjual yang sukses maka anda harus bentindak seolah olah anda telah menjadi sales yang sukses. Anda harus dating tepat waktu, anda harus memperhatikan penampilan fisik maupun gaya tubuh anda. Seorang sales yang sukses adalah seorang sales yang berkata dan berpikir positif setiap menghadapi masalah. Seorang sales yang sukses adalah seorang yang dengan rajin dan berkala membuat laporan dan menargetkan diri sendiri tanpa harus diminta orang lain atau pimpinan. Hal diatas adalah hal yang tidak membutuhkan biaya besar untuk melakukan tetapi menuntut kemauan dan disiplin. Itulah yang membedakan anatara seorang sales yang sukses dan yang tidak meskipun berangkat sama sama dari seorang sales yang biasa.
2.Gunakan afirmasi atau self talk positif kepada diri anda sendiri. 
Beberapa ahli mengatakan ini sebagai intra personal skill. Anda tahu apa yang anda harus lakukan dan anda tahu apa saja teknik yang baik, tapi pada saat anda melakukannya pasti banyak tantangan. Terutama saat melakukan hal hal yang tidak biasa anda lakukan. Untuk itu anda harus berusaha menguasai diri anda dengan berbicara hal hal yang positif, misalnya : saya bisa, sayalah yang akan mendapatkannya, ini hanya embutuhkan sedikit kesabaran dll. Tindakan diatas akan membantu anda menghilangkan rasa malas dan takut.
3. Lakukan hal tersebut secara berulang ulang.
 Pada saat anda mendapatkan kegagalan itu hanya berarti anda belum ahli. Lakukan terus sampai saatnya anda mendapatkan kesuksesan yang anda inginkan



7 Langkah Sukses




Ada 7 langkah yang anda dapat lakukan untuk menjadi sukses
1. Seriuslah terhadap masa depan anda. Buatlah keputusan sekarang ! Bahwa anda dapat mencapai kesuksesan anda dan tuliskan apa saja yang akan/ingin anda dapatkan pada saat anda meraihnya. Lakukan sesuatu mulai sekarang. Bila anda tidak melakukan berarti anda tidak serius terhadap kesuksesan anda
2.Kenalilah kelemahan anda. Anda harus bisa mengenali hal hal apa saja yang dapat membuat anda selalu kembali pada masa lalu anda yang penuh kegagalan. Apa saja yang perlu anda lakukan/perbaiki agar anda bisa mencapai kesuksesan.
3. Carilah lingkungan yang positif. Berkumpul dengan orang orang yang penuh dengan cita cita dan target dalam hidupnya akan membuat anda bersemangat dan ikut merasakan keyakinan mereka dan akan menular pada keyakinan anda sendiri. Anda tidak akan menjadi seekor elang apabila anda selalu berkumpul dengan sekelompok ayam.
4. Peliharalah kesehatan anda. Istirahat yang cukup, berolah raga dan mengkonsumsi bahan makanan tambahan yang dibutuhkan oleh tubuh anda sebagai orang yang aktif.
5. Visualisasi Positif. Kesuksesan dimulai dengan bagaimana anda melihat diri anda. Bila anda selalu melihat diri anda menjadi seorang yang sukses maka alam bawa sadar anda akan membawa anda kearah sana.
6. Positif “Self Talk”. Teruslah berbicara pada diri sendiri secara positif. Kontrollah segala pembicaraan anda dengan diri anda sendiri. Pilih kata yang positif. Anda tidak akan pernah sukses apabila anda melihat diri anda sebagai pecundang dan selalu berbicara pada diri sendiri bahwa anda tidak bisa. Apabila anda ragu terhadap diri anda, bagaimana orang lain akan percaya pada anda.
7. Lakukan tindakan yang positif. Lakukan dengan cepat. Lebih cepat lebih baik. semakin anda lebih baik, maka anda akan mendapatkan hal hal yang lebih baik. Hal hal baik tersebut akan membuat anda semakin mencintai diri anda sendiri. Semakin anda mencintai diri sendiri maka keyakinan anda terhadap diri anda sendiri semakin baik juga. Bila keyakinan anda semakin tinggi maka anda akan semakin disiplin. Kedisiplinan anda akan membuat anda maju terus apapun tantangannya. Anda tidak akan bisa dihentikan oleh siapapun untuk mencapai kesuksesan anda.
Inspirasi oleh Brian Tracy