Kamis, 11 November 2010

MENUJU PUNCAK SUKSES DENGAN TANGGA SOFT SKILLS

Tangga Sukses
Kesuksesan memerlukan lebih dari sekedar kerja keras dan pengetahuan teknis. Untuk meraihnya banyak sekali faktor faktor yang mempengaruhi, yang tidak bisa kita temukan dalam ilmu pasti seperti halnya 1+1 akan selalu sama dengan 2. Banyak hal yang lebih membutuhkan insting dan intuisi seseorang secara spontan dalam mengambil keputusan.
Hampir semua CEO yang sukses bertahan di posisi puncak menuliskan rahasia suksesnya adalah karena memiliki ketrampilan sosial atau soft skills. Bagi para pelaku bisnis soft skills sangat menonjol peranannya dalam membawa bisnis mereka ke posisi puncak kesuksesan
Berikut adalah esensi dari soft skills (kemampuan seseorang atau yang sejenis yang bukan ketrampilan teknis) yang perlu dipelajari atau dapatkan untuk membantu keberhasilan bisnis:
1. Ketrampilan Pendelegasian
Delegasi melibatkan penunjukan tanggungjawab orang lain dalam pemenuhan pekerjaan. Posisi ideal yang ingin Anda dapatkan adalah, staff melakukan aktivitas rutin dari bisnis anda. Pendelegasian yang efektif melibatkan pencapaian keseimbangan yang tepat antara pengendalian yang efektif dan memberikan kesempatan pada orang lain untuk menyelesaikan pekerjaannya secara efektif. Elemen kuncinya adalah mengetahui bagaimana bisnis Anda berjalan, daripada bisnis bekerja untuk Anda. Delegasikan tugas yang tepat untuk orang yang tepat.
2. Ketrampilan Berkomunikasi
Komunikasi adalah bagian penting dalam kehidupan. Pada saat Anda memikirkannya, hampir semua yang Anda lakukan memerlukan peningkatan komunikasi. Agar bisnis berjalan efektif, Anda harus mengkomunikasikannya dengan baik. Ketika anda merekrut pegawai baru, ketrampilan komunikasi yang baik membantu Anda untuk memilih orang yang tepat. Ketika Anda berkomunikasi dengan pemegang saham yang beragam, Anda harus dapat menjelaskan ekspektasi Anda dengan jelas dan menjadi sensitif ketika terjadi masalah. Kuncinya adalah mengetahui bagaimana mengkomunikasikan visi secara efektif dengan passion dan keyakinan.
3. Ketrampilan Bernegosiasi
Tanpa disadari, semua orang bernegosiasi secara tidak resmi dalam kehidupan sehari-hari. Negosiasi formal adalah ketrampilan yang dapat dipelajari melalui pengalaman dan praktek. Orang yang sering bernegosiasi akan lebih terampil daripada orang yang tidak berpartisipasi dalam negosiasi formal/informal. Orang yang berpengalaman akan tahu apa yang dikatakan, kapan saat yang tepat untuk mengatakannya, atau kapan saat yang tepat untuk membuat konsesi. Kuncinya adalah bagaimana mengembangkan pendekatan win-win dalam bernegosiasi dengan semua pihak. Namun pada saat yang bersamaan, ingatlah bahwa Anda juga ingin mendapatkan hasil yang menguntungkan bagi diri Anda sendiri.
4. Perencanaan Stratejik
Perencanaan stratejik sangat penting dalam aktivitas bisnis. Perencanaan stratejik adalah proses mendefinisikan strategi atau arah perusahaan dan membuat keputusan alokasi sumber modal dan manusia. Kuncinya adalah mengetahui bagaimana memproyeksikan kinerja perusahaan dimasa datang, dalam kerangka kerja tiga hingga lima tahun mendatang, didukung dengan perencanaan bisnis yang terdefinisi dengan jelas.
5. Ketrampilan Kepemimpinan:
Kepemimpinan adalah proses penyelesaian pekerjaan melalui orang. Kepemimpinan merupakan ketrampilan manajemen yang sangat penting, kemampuan untuk memotavisi sekelompok orang dalam mencapai tujuan bersama. Kepemimpinan juga berarti kemampuan melakukan tugas, membangun, memobilisasi, dan memotivasi tim. Kuncinya adalah mengetahui bagaimana menempa hubungan jangka panjang dengan prospek, konsumen, supplier, karyawan, dan investor. Beberapa point dalam suatu sikap leadership/kepemimpinan bisa dibaca disini
6. Ketrampilan Membangun Tim
Seperti yang sudah pernah saya tulis disini , ketrampilan membangun tim dan kerja tim adalah hal yang penting bagi wirausahawan saat ini. Orang yang bekerja sesuai potensinya didalam tim memberikan solusi yang lebih baik dan lebih produktif daripada bekerja secara independen. Kuncinya adalah mengetahui bagaimana membentuk tim karyawan, rekan, penasehat, dan investor yang akan membantu bisnis Anda di tingkat selanjutnya.
7. Ketrampilan Analisa
Pada saat ini tempat kerja memiliki teknologi yang canggih dan komplek. Dengan kemajuan teknologi yang pesat, kebutuhan analisa juga meningkat. Kemampuan analisa adalah kemampuan yang secara objektif menilai keberadaan bisnis Anda, untuk menetapkan dimana bisnis akan berada dimasa depan, dan apa yang harus dilakukan untuk menutup gap pertumbuhan bisnis saat ini dan yang akan datang. Kuncinya adalah tahu bagaimana mengumpulkan, meninjau, dan mengevaluasi data yang diperlukan untuk merumuskan dan mengumpulkan argumen.
8. Ketrampilan sales dan marketing
Menetapkan metode dan kebijakan sales dan marketing yang berhasil - dari menentukan harga dan periklanan hingga teknik penjualan - penting untuk meningkatkan bisnis Anda. Kemampuan untuk menganalisa kompetisi, pasar, dan kecenderungan industri penting bagi pengembangan strategi marketing. Kuncinya adalah tahu bagaimana membentuk dan menyampaikan pesan pada target audien yang tepat yang dapat mengenerate bisnis baru, dan akan mambangun aliran pendapatan yang menguntungkan.
9. Kemampuan General Manager
Manajemen melibatkan pengarahan dan pengendalian sekelompok orang atau lebih untuk tujuan mengkoordinasi kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan. Manajemen mengarahkan pada penjabaran dan arah sumber daya manusia, finansial, dan teknologi. Kuncinya adalah tahu bagaimana mengembangkan dan menerapkan sistem manajemen yang dapat dikerjakan yang akan mengatur operasional keseharian, memelihara pemegang saham , dan mendukung pertumbuhan bisnis.
10. Keterampilan Manajemen Cash Flow :
Cash flow biasanya menyita banyak perhatian bisnis kecil dan menengah. Dalam bentuk yang paling sederhana, cash flow adalah pergerakan uang masuk dan keluar dari bisnis Anda. Cash flow adalah aliran darah bisnis yang tumbuh dan merupakan indikator penting bisnis yang sehat. Dampak dari cash flow adalah hal yang nyata, dan jika terjadi kekeliruan, akan benar-benar hancur. Kuncinya adalah bagaimana memonitor, melindungi, mengendalikan dan meletakkan kas untuk bekerja.
11. Keterampilan Manajemen Finansial :
Aktivitas finansial adalah aplikasi serangkaian teknik yang digunakan individu dan bisnis untuk mengatur uang mereka, khususnya selisih antara pendapatan dan pengeluaran, serta resiko investasi. Kebutuhan penganggaran dan pelaporan kinerja keuangan adalah hal terpenting. Kuncinya adalah tahu bagaimana menginterpretasikan dan menganalisa laporan keuangan Anda, seperti mengidentifikasi item-item yang dapat mempengaruhi keuntungan.
12. Keterampilan Manajemen Waktu
Manajemen waktu adalah keterampilan umum yang membantu Anda untuk menggunakan waktu dengan cara yang paling efektif dan produktif. Manajemen waktu adalah keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai. Dengan mempelajari keterampilan ini akan mendukung Anda untuk mencapai lebih banyak dan mengunakan waktu dengan bijak. Kuncinya adalah tahu bagaimana mengatur waktu Anda dengan efisien dan fokus pada aktivitas yang memberikan nilai bagi bisnis Anda.
Dan ketrampilan ketrampilan di atas tidak mempunyai rumusan yang pasti. Pengalaman dan jam terbanglah yang menempa ketrampilan di atas menjadi semakin tajam. Jadi sangatlah penting  untuk terus melatih ketrampilan di atas pada diri kita.
Sumber:
- KPMI (Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia)
 Terry H. Hill (penulis, pembicara, konsultan pendiri /managing partner Legacy Associates, Inc)
A
s a leader you should know these simple skills, in order to improve your human relationships. I call them classic empathy skills that everyone should know and most important PRACTICE. Go through this list and consider how well you and everyone on your team abides by these skills. Encouraging their use just might smooth some ruffled feathers or diffuse a tense situation.
1 SPEAK TO PEOPLE
There is nothing like a cheerful word of greeting. To really connect, look them in the eye as you speak.
2 SMILE AT PEOPLE
It takes 72 muscles to frown, only 14 to smile. They can hear the difference in your voice – even over the phone.
3 CALL PEOPLE BY NAME
The sweetest music to anyone’s ear is the sound of his/her own name. Be sure you say it correctly. Say it often.
4 BE FRIENDLY AND HELPFUL
To have friends and build relationships, be a friend first.
5 BE CORDIAL
Sincerely speak and act as if everything you do is a genuine pleasure.
6 BE GENUINELY INTERESTED IN PEOPLE
You can like almost everybody if you try. They don’t care how much you know until they know how much you care. Be sure they know how much you care.
7 BE GENEROUS WITH PRAISE
Praise publicly, correct privately. Everyone wins this way.
8 BE CONSIDERATE
of the feelings of others. There are usually three sides to a controversy: yours, the other person’s, and the right side. Keep ego and emotions in check.
9 BE ALERT
to give excellent service. What counts most is what we do for others not ourselves.
10 HAVE A GOOD SENSE OF HUMOR
Don’t take yourself too seriously. When you add lots of patience, and humility, you will have a recipe for enduring success.
Do you think these are soft skills you can brush aside as non-critical? Think again. In this Conceptual Age, a deeper understanding of the subtleties of human interactions becomes not only important but imperative. In fact, at the Stanford Business School, students are flocking to one of the newer courses called “Interpersonal Dynamics”. Be sure everyone on your team masters the basics.


-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar