Promosi ( Promotion)
Aspek ini berhubungan dengan berbagai usaha untuk memberikan informasi pada pasar tentang produk/jasa yang dijual, tempat dan saatnya. Ada beberapa cara menyebarkan informasi ini, antara lain periklanan (advertising), penjualan pribadi (Personal Selling), Promosi penjualan (Sales Promotion) dan Publisitas (Publicity)
Periklanan (Advertising): Merupakan alat utama bagi pengusaha untuk mempengaruhi konsumennya. Periklanan ini dapat dilakukan oleh pengusaha lewat surat kabar, radio, majalah, bioskop, televisi, ataupun dalam bentuk poster-poster yang dipasang dipinggir jalan atau tempat-tempat yang strategis.
Penjualan Pribadi (Personal selling): Merupakan kegiatan perusahaan untuk melakukan kontak langsung dengan calon konsumennya. Dengan kontak langsung ini diharapkan akan terjadi hubungan atau interaksi yang positif antara pengusaha dengan calon konsumennya itu. Yang termasuk dalam personal selling adalah: door to door selling, mail order, telephone selling, dan direct selling.
Promosi Penjualan (Sales Promotion): Merupakan kegiatan perusahaan untuk menjajakan produk yang dipasarkarlnya sedemikian rupa sehingga konsumen akan mudah untuk melihatnya dan bahkan dengan cara penempatan dan pengaturan tertentu, maka produk tersebut akan menarik perhatian konsumen.
Publsitas (Pubilicity): Meripakan cara yang biasa digunakan juga oleh perusahaan untuk membentuk pengaruh secara tidak langsung kepada konsumen, agar mereka menjadi tahu, dan menyenangi produk yang dipasarkannya, hal ini berbeda dengan promosi, dimana didalam melakukan publisitas perusahaan tidak melakukan hal yang bersifat komersial. Publisitas merupakan suatu alat promosi yang mampu membentuk opini masyarakat secara tepat, sehingga sering disebut sebagai usaha untuk "mensosialisasikan" atau "memasyarakatkan ".
Dalam hal ini yang harus diperhatikan adalah tercapainya keseimbangan yang efektif, dengan mengkombinasikan komponen-komponen tersebut kedalam suatu strategi promosi yang terpadu untuk berkomunikasi dengan para pembeli dan para pembuat keputusan pembelian.
Pemilik Blog: Hj.I.G.A.Aju Nitya Dharmani,SST,SE,MM seorang perempuan multi talenta. Sebagai Dosen Ekonomi,Bidan Praktek Mandiri, Perias Pengantin, Seniman dan Relawan Sosial di Kota SURABAYA. Mengajak untuk terus Belajar dan sharing, juga diskusi tentang Management di seluruh aspek dan perluasan ilmu.... “Individually, we are one drop. Together, we are an ocean.”“Coming together is a beginning. Keeping together is progress. Working together is success.”
Kamis, 18 November 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
-
Cara menghitung SKALA LIKERT MENGENAL SKALA LIKERT Skala Likert adalah suatu skala psikometrik yang umum digunakan dalam kues...
-
Perilaku Harga Pasar dan Konsumen - Bab V Teori Harga Pasar Teori harga pasar merupakan teori ekonomi yang menerangkan perilaku harg...
-
Konsep Pendidikan Kejuruan A. Pengertian Pendidikan Kejuruan Ditinjau secara sistemik, pendidikan kejuruan pada dasarnya merupakan subsiste...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar